google.com, pub-3470289805859769, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Wujudkan Generasi Islami, MAN 2 Alor Sukses Selenggarakan Pesantren Ramadhan

Header Ads Widget

test

Info Slide

18/recent/ticker-posts

Wujudkan Generasi Islami, MAN 2 Alor Sukses Selenggarakan Pesantren Ramadhan

Dok.MAN 2 Alor

MAN 2 Alor (Kemenag) ---- MAN 2 Alor sukses menyelenggarakan kegiatan Pesantren Ramadhan yang berpusat di Mushola Imaduddin MAN 2 Alor. Kegiatan ini berlangsung selama empat hari, dimulai pada Senin (26/03/2024) hingga berakhir pada Kamis (29/03/2024). 

Bulan Ramadhan merupakan bulan Tarbiyah sehingga siswa/i MAN 2 Alor diharuskan untuk mengisi bulan Ramadhan dengan berbagai nutrisi keilmuan yang sifatnya konstruktif terutama yang berhubungan dengan perkara-perkara dasar keislaman. Oleh sebab itu, aspek materi yang dititikberatkan untuk diajarkan adalah yang berhubungan dengan wudhu, sholat fhardu, sholat jenazah dan bagaimana memandikan dan mengkafani jenazah. Tidak hanya berpusat pada teoritis, namun kegiatan ini juga bermuara pada praktek langsung yang dipandu oleh pemateri dari guru-guru MGMP keagamaan.

Kegiatan Pesantren Ramadhan ini berlangsung sukses dari awal hingga akhir. Tidak hanya siswa yang terpantau aktif mengikuti kegiatan ini, namun para guru juga ikut menjadi bagian dari peserta kegiatan. Bagi para guru, kegiatan ini sangat berguna karena memberi banyak manfaat dari sisi kompetensi dasar keislaman yang wajib diketahui.

Kepala Madrasah, Jakaria Jaka, S.Pd resmi menutup rangkaian kegiatan Pesantren Ramadhan di Mushola Imaduddin MAN 2 Alor pada Kamis (28/03/2024). Dalam arahannya, Kamad berpesan bahwa tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah sebagai sarana untuk mencetak pribadi-pribadi yang kompeten tidak hanya dalam bidang ilmu, tapi juga iman dan amal. Selanjutnya, Jaka menambahkan bahwa bulan Ramadhan menggembleng kita menuju kefitrian sejati, sehingga kita harus berupaya untuk benar-benar mencapai insan yang suci setelah bulan Ramadhan.

"Semoga bulan Ramadhan ini mengantarkan kita menjadi pribadi-pribadi yang suci atau bersih dari segala noda dan dosa, anak-anak sekalian juga mampu menjadi generasi Islami," tutur Kamad Jaka seraya menutup rangkaian Kegiatan Pesantren Ramadhan 2024. ***AMP

Posting Komentar

0 Komentar